Cari Blog Ini

Jumat, 07 Oktober 2011

Kisi Kisi UJK Akomodasi Perhotelan


                Wah sudah tak terasa sebentar lagi aka ada ujian praktik tertulis. Sebenarnya guru produktif sudah memberikan kisi – kisi seputar soal yang akan diberikan saat ujian tertulis nanti. Dari pada temen-temen saya kebingungan harus nyari dimana, mending saya share aja rangkuman yang sudah saya buat. Semoga berguna dan bermanfaat untuk teman-teman saya dan barang kali ada yang membutuhkan materi ini diluar lingkup sekolah saya.


 
1.       Tugas dan tanggung jawab bagian Reception
Reception mempunyai tugas dan tanggungjawab yang penting dalam menunjang tujuan dari sebuah hotel karena bagian ini banyak berhubungan langsung dengan pengunjung dan tamu hotel.
Rincian tugas bagian reception yaitu:
1.       Menyambut tamu tiba
2.        Memproses pendaftaran tamu
3.        Mempersiapkan kedatangan tamu dan menentukan kamar untuk tamu
4.        Menangani kunci kamar tamu
5.        Menjawab telepon dengan cepat dan ramah
6.        Menangani permintaan tamu selama menginap seperti pindah kamar & sleep out
7.        Berkoordinasi dengan bagian lain untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu
8.        Menyelesaikan permasalahan tamu yang berhubungan dengan produk dan pelayanan hotel
9.        Membuat laporan yang berhubungan dengan tamu & kamar seperti laporan tingkat hunian kamar, laporan tamu yang menginap di hotel .
2.       Tugas dan tanggung jawab Receptionist
1.       Menyambut setiap tamu tamu hotel dengan ramah
2.       Menjawab telepon berkaitan dengan informasi akan hotel tersebut
3.        Memberi bantuan petunjuk akan lokasi tempat yang diminta kepada para pengunjung hotel
4.        Memberikan informasi berkaitan dengan hotel kepada para pengunjung hotel
5.        Mencatat daftar pengunjung hotel berkaitan dengan check in & check out
6.        Data entry akan informasi tamu hotel
7.        Mencatat berbagai informasi yg diperlukan oleh hotel seperti check in check out reservasi dll
8.        Menyortir surat surat yang masuk ke hotel baik kertas maupun elektronik
9.        Memberikan citra + image hotel yg baik dan ramah serta professional
10.    Memberikan bantuan kepada setiap pengunjung hotel bila diperlukan
11.    Mengamati & melaporkan aktivitas pengunjung hotel yang mencurigakan bila diperlukan
3.       Jenis jenis surat tamuyangmasuk ke hotel
a.       Reserved Guest                 :  surat untuk tamu yang telah membuat pemesanan kamar dapat diletakkan bersama-sama denganarsip pemesanan. Dapat dituliskan tanggal kedatangan surat dengan tinta merah.
b.      Check-out Guest                :  surat di kirim kembali ke alamat rumah tamu atau alamat yang akan dikunjungi bila tamu tersebut sedang dalam perjalanan dinas.
c.       Unknow Address               :  surat yang alamat tujuannya sama sekali tidak diketahui dapat di kembalikan pada pengirim.
d.      Expected Arrival                :  surat bagi tamu yang baru akan tiba akan di tumpuk bersama preregistered card yang di persiapkan pada hari kedatangan.
4.       Prosedur penerimaan tamu :
a.       By Cash (Cash Money)
Pembayaran dengan kontan ini kemungkinan besar dilakukan tamu karena yang bersangkutan tidakmemiliki alternatif system pembayaran yang lain. Istilah lain dari cash money adalah Bank Note. Untuk melakukan pembayaran ini seorang tamu dapat menggunakan Local Currency (mata uang lokal) yang berlaku dinegara tersebut maupun Foreign Currency (mata uang asing yang diterima oleh pihak hotel). Berikut beberapa contoh mata uang asing yang dapatdi terima oleh hotel pada umumnya :
·         US$                                dari        Amerika
·         Gulden                         dari        Belanda
·         $ Hk                               dari        Hongkong
·         Franch                          dari        Perancis
·         Lira                                 dari        Italia
·         Poundsterling           dari        Inggris
·         Yen                                dari        Jepang
b.      By Credit Card
Credit card adalah sebuah kartu yang dapat berfungsi sebagai credit yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi bisnis. Beberapa contoh credit card yang dapat di terima oleh industri jasa perhotelan adalah Amex (American Express), Diners Club, Master Card, Visa Card. Produk khusus : JCB Card (Japan City Bank), En Route dan GECC (Garuda Executice Credit Card)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar