Wah
sudah tak terasa sebentar lagi aka ada ujian praktik tertulis. Sebenarnya guru
produktif sudah memberikan kisi – kisi seputar soal yang akan diberikan saat
ujian tertulis nanti. Dari pada temen-temen saya kebingungan harus nyari
dimana, mending saya share aja rangkuman yang sudah saya buat. Semoga berguna
dan bermanfaat untuk teman-teman saya dan barang kali ada yang membutuhkan
materi ini diluar lingkup sekolah saya.
1.
Tugas dan tanggung jawab bagian Reception
Reception mempunyai tugas dan
tanggungjawab yang penting dalam menunjang tujuan dari sebuah hotel karena
bagian ini banyak berhubungan langsung dengan pengunjung dan tamu hotel.
Rincian
tugas bagian reception yaitu:
1.
Menyambut tamu tiba
2.
Memproses
pendaftaran tamu
3.
Mempersiapkan kedatangan tamu dan menentukan
kamar untuk tamu
4.
Menangani
kunci kamar tamu
5.
Menjawab
telepon dengan cepat dan ramah
6.
Menangani
permintaan tamu selama menginap seperti pindah kamar & sleep out
7.
Berkoordinasi dengan bagian lain untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu
8.
Menyelesaikan
permasalahan tamu yang berhubungan dengan produk dan pelayanan hotel
9.
Membuat
laporan yang berhubungan dengan tamu & kamar seperti laporan tingkat hunian
kamar, laporan tamu yang menginap di hotel .
2.
Tugas dan tanggung jawab Receptionist
1.
Menyambut setiap tamu tamu hotel dengan ramah
2.
Menjawab telepon berkaitan dengan informasi akan
hotel tersebut
3.
Memberi
bantuan petunjuk akan lokasi tempat yang diminta kepada para pengunjung hotel
4.
Memberikan informasi berkaitan dengan hotel
kepada para pengunjung hotel
5.
Mencatat
daftar pengunjung hotel berkaitan dengan check in & check out
6.
Data
entry akan informasi tamu hotel
7.
Mencatat
berbagai informasi yg diperlukan oleh hotel seperti check in check out
reservasi dll
8.
Menyortir
surat surat yang masuk ke hotel baik kertas maupun elektronik
9.
Memberikan citra + image hotel yg baik dan
ramah serta professional
10.
Memberikan bantuan kepada setiap pengunjung
hotel bila diperlukan
11.
Mengamati
& melaporkan aktivitas pengunjung hotel yang mencurigakan bila diperlukan
3.
Jenis jenis surat tamuyangmasuk ke hotel
a.
Reserved
Guest : surat untuk tamu yang telah membuat pemesanan
kamar dapat diletakkan bersama-sama denganarsip pemesanan. Dapat dituliskan
tanggal kedatangan surat dengan tinta merah.
b.
Check-out
Guest : surat di kirim kembali ke alamat rumah tamu
atau alamat yang akan dikunjungi bila tamu tersebut sedang dalam perjalanan
dinas.
c.
Unknow
Address : surat yang alamat tujuannya sama sekali tidak
diketahui dapat di kembalikan pada pengirim.
d.
Expected
Arrival : surat bagi tamu yang baru akan tiba akan di
tumpuk bersama preregistered card yang di persiapkan pada hari kedatangan.
4.
Prosedur penerimaan tamu :
a.
By Cash (Cash Money)
Pembayaran dengan kontan ini kemungkinan besar
dilakukan tamu karena yang bersangkutan tidakmemiliki alternatif system
pembayaran yang lain. Istilah lain dari cash money adalah Bank Note. Untuk
melakukan pembayaran ini seorang tamu dapat menggunakan Local Currency (mata
uang lokal) yang berlaku dinegara tersebut maupun Foreign Currency (mata uang
asing yang diterima oleh pihak hotel). Berikut beberapa contoh mata uang asing
yang dapatdi terima oleh hotel pada umumnya :
·
US$ dari Amerika
·
Gulden dari Belanda
·
$ Hk dari Hongkong
·
Franch dari Perancis
·
Lira dari Italia
·
Poundsterling dari Inggris
·
Yen dari Jepang
b.
By Credit Card
Credit card adalah sebuah kartu yang dapat berfungsi
sebagai credit yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi bisnis.
Beberapa contoh credit card yang dapat di terima oleh industri jasa perhotelan
adalah Amex (American Express), Diners Club, Master Card, Visa Card. Produk
khusus : JCB Card (Japan City Bank), En Route dan GECC (Garuda Executice Credit
Card)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar